FAQ(s)

FAQ Profil Perusahaan CV Kembangdjati Furniture

Apa dan siapa perusahaan CV Kembangdjati Furniture ?

CV Kembangdjati Furniture didirikan sejak tahun 2004, dengan jumlah total +/- 20 karyawan pada masing-masing divisi.

 

Apa saja yang diproduksi oleh CV. Kembangdjati Furniture?

 

Mendesign dan memproduksi furniture untuk kebutuhan kantor, tempat usaha dan rumah, furniture yang dimaksud adalah jenis interior / indoor. Terbuat dari panelwood / multipleks / MDF (branded). Finishing laminates systems menggunakan material PVC sheet / decosheet / HPL. Desain custom, 1 desain untuk 1 customer / pemesan. Lokasi produksi di kota Semarang gedung tertutup seluas +/- 650 mtr2. Kembangdjati adalah produsen furniture jenis handmade dengan peralatan produksi menggunakan tools semi automatic. CV Kembangdjati mempunyai legalitas yang cukup lengkap untuk memenuhi standar lelang pengadaan furniture baik kantor negeri / kantor swasta dan peserta LPSE (lembaga Pengadaan Secara Elektronik) Jawa Tengah. Batasan diluar furniture yang masih mampu kami rancang desain dan kami setting adalah pekerjaan partisi gipsum, plafon, karpet, wall paper, pintu-pintu, pintu kaca, instalasi elektrikal yang menyangkut / berhubungan dengan furniture interior.

 

 
Apa merek material / bahan yang sering dipakai di CV. Kembangdjati Furniture?

 

Multipleks merk MERCY, KLI (Kayu Lapis Indonesia )

MDF merk SPF

Lem kuning merk FOX, 168 KLM, AICA AIBON

HPL merk SPLENDOR, GREENLAM, TACO

PVC sheet merk TACO

Semua bahan baku /material diatas diproduksi oleh perusahaan – perusahaan PMA (Perusahaan Modal Asing ) yang diproduksi di negara Indonesia untuk memenuhi kebutuhan lokal dan telah memiliki standar ISO sesuai kategorinya.

 

Apa yang membedakan antara produsen furniture yang satu dengan yang lain ?

 

  1. Dari sisi desain : desain meskipun custom, mengikuti standarisasi/ tidaknya dari ukuran-ukuran yang dibutuhkan, dari sisi artistik.
  2. Dari sisi produksi : team produksi/ tukang memegang peranan cukup penting (70%) dari total hasil produksi (kerapian / durabilitas dll)
  3. Dari sisi ketertiban : ketepatan waktu / akurasi, perencanaan, komunikasi antara customer dengan manajemen dll.

  
Berapa waktu produksi jika saya memesan furniture interior kepada CV Kembangdjati Furn?

 

Waktu desain antara 1 s.d 7 hari kerja, waktu produksi / lead time antara 2 s.d 60 hari kerja tergantung oleh quantity pemesanan.

Bagaimana cara pemesannya?

 

Rata-rata prosedur pemesanan yang berlangsung adalah :

  1. Calon customer memberikan data ukuran ruang / furniture yang akan dipesan dan kami berikan feedback berupa perkiraan harga / range harga / quick count price.
  2. Setelah range harga disetujui oleh customer kami mengadakan survey / mapping / pengukuran ke lokasi (dengan term of condition yang telah disepakati)
  3. Kami memberikan fixed RAB / harga & spesifikasinya.
  4. Customer melaksanakan tahap pembayaran DP ke I senilai 20% dari value untuk tahap design (max revisi 3X) dan produksi.
  5. Setelah instalasi selesai / serah terima furniture pesanan, customer membayar pelunasan maks H+1 sejak serah terima furniture pesanan.

 
Bagaimana jika pemesan dari luar kota / luar pulau Jawa?

 

Prosedur   pemesanan yang berlangsung adalah :

  1. Calon customer memberikan data ukuran ruang / furniture yang akan dipesan dan kami berikan feedback berupa perkiraan harga / range harga / quick count price.
  2. Setelah range harga disetujui oleh customer kami mengadakan survey / mapping / pengukuran ke lokasi (dengan term of condition yang telah disepakati)
  3. Kami memberikan fixed RAB / harga & spesifikasinya.
  4. Sistematika pembayaran adalah 20% tahap desain, 40% tahap produksi, pelunasan 40% telah kami terima saat furniture siap kirim (kami sertakan foto hasil produksi/progress di workshop).

 

FAQ Materials

  1. MDF (medium density fibreboard) : sengaja dibuat untuk mengatasi kelangkaan kayu solid, batang kayu diproses sampai jadi bubur, diberi resin perekat, dipress di pabrikasi dengan mesin density tinggi untuk kerapatan sampai dengan per milimeter. Jenis kayu yang dipergunakan sebagai bahan dasar harus homogen.
  2. Multipleks : terbuat dari irisan lapisan kayu asli /solidwood. Ada yang dari kayu sungkai, kayu kalimantan dll. Jumlah lapisan per 3 layers. Diproses /pabrikasi dan untuk beberapa brand sudah dilengkapi/dicelup dengan resin anti rayap.
  3. Melaminto : adalah nama dagang yang lebih tepatnya mempunyai nama polyester plywood. Terbuat dari multipleks atau MDF dengan ketebalan 24 mm dan 1 sisi dilapisi oleh resin polyester. Umumnya lapisan polyester berwarna putih mengkilat/ doff. Polyester adalah serat fiber/sintetis yang banyak dipergunakan pada produk-produk industri /kebutuhan umum. Benda umum yang sering dijumpai misalkan papan tulis / white board.
  4. Partikel : terbuat dari sisa bahan / potongan kayu yang dilebur menjadi pulp /bubur kertas dan dipadatkan agar menjadi board siap pakai. Perbedaan dengan MDF adalah dari density / kepadatan materialnya. Partikel tidak dilengkapi anti rayap. Produk kami tidak menggunakan material ini.
  5. HPL : singkatan dari nama dagang high pressure laminate, kategori decorative laminate – adalah evolusi dari finishing airspray gun system. Karena dinilai lebih ekonomis, cepat waktu dan lebih tahan gores (dalam satuan LAME). Untuk beberapa modeling furniture ada yang harus tetap menggunakan tehnik airspray gun pada sesi finishing, terutama permukaan yang tidak rata/flat.

HPL terbuat dari bahan vinyl polimer (PVC/polyvinyl chloride) dengan variasi ketebalan dari 0,7 mm s.d 1,2 mm. HPL adalah produk yang sudah memiliki standar EN438 European Standar, yaitu salah satu standar bahwa produsen laminasi dekoratif diperbolehkan menjual produknya ke pasar di seluruh dunia karena dinyatakan produk tersebut aman untuk dipergunakan oleh umum. Karakter dari HPL adalah anti api dan tahan gores dan ramah lingkungan (green certivicate) , untuk beberapa brand tertentu sudah dilengkapi anti bacterial (cocok untuk furniture rumah sakit dll).

  1. Decosheet : nama dagang umum untuk produk dengan decorative laminates, secara tehnis disebut PVC sheet dengan variasi ketebalan dari 0,3 s.d 0,5 mm. Perbedaan denga HPL adalah dari kekuatan/durabilitas terhadapan goresan /scratch (dalam satuan LAME).

 

FAQ – Office Furniture

Bahan yang dipergunakan menggunakan apa?

Bahan dasar/baku menggunakan multipleks atau MDF, finishing laminates system menggunakan HPL atau PVC sheet (sesuai budget customer dan kebutuhan)
Desain dari kami apakah bisa diproduksi?

Ya, bisa
Selain memproduksi apa bisa mendesain, merancang tata letak , dan menghitung budgetnya?

Ya, bisa
Ekspedisi keluar kota / pulau perhitungannya bagaimana?

Semua harga yang kami sampaikan adalah harga netto /FOB titik produksi kami di kota Semarang dan dihitung berdasarkan bea material & produksi.   Bea pengiriman ditanggung oleh pemesan. Dengan pemisahan harga seperti ini tidak berpengaruh terhadap kualitas produksi
Kalau barang sampai tujuan rusak apakah bisa retur?

Selama perjalanan darat produk pesanan menjadi tanggung jawab kami. Perjalanan via laut/kapal semua produk pesanan kami daftarkan kepada perusahaan asuransi (sesuai kesepakatan dengan customer)
Sekat meja apakah juga bisa memproduksi sesuai dengan warna dan ukuran yang sudah ada?

Ya, bisa

 

Furniture knockdown apa memproduksi juga?

Ya, bisa

 
Cubical table T Shape dimensi berapa?

P260XL130XT110 cm, atau custom size sesuai pesanan
Apakah ada contoh produk office furniture yang telah diproduksi?

Semua berdasarkan pesanan, made by order, foto hasil produksi sudah kami upload di web atau blogsite
Untuk furniture jenis partisi/sekat menggunakan bahan apa?

Bahan gipsum / GRC board atau MDF/multipleks tergantung kebutuhan dan fungsinya
Apakah ada cabang di luar kota?

Saat ini belum ada, produksi tetap di workshop kami di kota Semarang dan dikirim ke kota pemesan,   kebijakan ini berdasarkan daya kemampuan produksi – jumlah SDM berdasarkan filter rekruitmen (dari manajemen kami) dan berdasarkan kontrol produksi beserta kualitas hasil produksi

 

 

FAQ Perihal Kitchen Set

Berapa Harga Kitchen Set ?

Kabinet Atas         1.950.000 IDR/mtr lari

Pintu & laci Bawah 1.350.000 IDR/mtr lari (cor / beton/keramik sudah ada)

 

Back drop bagian tengah 450.000 IDR/mtrlari (bahan multipleks HPL)

Back drop bagian tengah 500.000 IDR/mtrlari (bahan multipleks keramik)

 

Full kabinet bawah IDR 2,350,000 / meter lari (top table multipleks + HPL corak granit)

Full kabinet bawah IDR 2.050.000 IDR/mtrlari (tanpa top table)

Top Table Granit + IDR 800.000 s/d 1.900.000 /mtrlari

 

Lighting pertitik lampu 50.000 IDR

Rak piring sendok 550.000 IDR/ set

 

Harga netto belum termasuk bea pengiriman

Harga sudah termasuk desain + instalasi untuk area kota Semarang

 

Agar harga lebih ekonomis menggunakan bahan apa?

 

Untuk produk kitchen set kami rekomendasikan menggunakan bahan multipleks dikarenakan unit ini berhubungan dengan air (wash area)

  
Apakah harga sudah termasuk Sink, Kompor dan Cooker hood?

 

Belum, washbak/sink harga dari IDR 350,000,-

Cooker hood dari harga IDR 1,100,000 / unit (merk modena single fan)

set keran air + plumbing harga IDR 500,000,- (stainless / PVC, jika full kabinet)

Kompor standar bahan mika/glass dari harga IDR 850,000

Kompor tanam dari harga IDR 2,600,000
Bahan yang dipergunakan menggunakan material apa?

 

Multipleks merk Mercy dengan berbagai ketebalan sesuai standar furniture internasional, bersertifikat dan sudah dilengkapi anti rayap standar pabrikasi.

 
Finishing menggunakan Bahan Apa?

 

Finishing laminate systems (tempel), menggunakan bahan HPL tebal 0,9 mm atau PVC sheet 0,4 mm . Sisi dalam laminates HPL atau melaminto tebal 3 mm warna putif doft. Resin lem menggunakan lem kuning

Lokasi banyak rayap, bagaimana solusinya?

 

Rayap harus dibasmi terlebih dahulu, ada ahlinya tersendiri tentang perihal rayap. Bahan anti rayap dari pabrikasi hanya bisa bertahan dengan jangka waktu tertentu, hanya bisa dicegah dengan penambahan resin anti rayap + bahan gipsum dan plastik. Ada penambahan beaya untuk tindakan ini.

 
Multipleks kalau terkena air apa tidak cepat rusak?

 

Tidak, selama tidak terendam
Apa bedanya Finishing Cat Duco dan HPL?

 

Cat duco / enamel adalah resin cat yang menggunakan metode penyemprotan / airspray

HPL (high pressure laminate) menggunakan sistem tempel / laminates
Lebih menguntungkan mana menggunakan Cat Duco atau HPL?

 

HPL adalah evolusi / pengembangan dari airspray sistem. Kelebihan dari HPL adalah harga lebih ekonomis dan lebih tahan gores ( nilai 400 dari satuan LAME/standar internasional). Warna-warna dari cat konvensional juga sudah terwakili oleh corak/warna yang ada pada HPL

Dari informasi diatas HPL mendapat penilaian best buy

 

Jika finishing tempel apakah mudah mengelupas?

 

Untuk sisi tebal suatu produk furniture yang baik dan benar adalah menggunakan material edging selain resin lem khusus untuk bagian tersebut. Pekerja / worker pada bagian produksi memegang peranan juga disini. Pekerja / worker dari masing masing perusahaan produsen furniture berbeda satu dengan yang lain. Sesi recruitmen pada perusahaan kami cukup ketat pada bagian produksi.

Apakah ada Garansi produk?

Ada. Dari 2 s.d 5 bulan. Dari pengalaman material furniture interior bisa bertahan lebih dari 12 tahun pemakaian.

Apakah Kitchen set bisa dibongkar / pasang,seumpama kita mau pindah rumah?

Bisa, dan harus melibatkan tukang kayu interior

 
Cara memesan furniture?

Secara default prosedur pemesanan adalah downpayment 20 % untuk tahap design dan produksi, pelunasan maks H+1 sejak serah terima furniture pesanan.

 
Apa ada pengukuran ke lokasi?         

 

Bisa diperlukan dan bisa tidak

Bea pengukuran berapa?

 

Free, selama lokasi di kota Semarang dan sekitarnya

Desain dari customer apa bisa?

 

Bisa dan akan kami sesuaikan dengan standar interior

 
Berapa kali perubahan desain yang diperbolehkan?

 

Maksimum 3 X revisi, bukan mengganti total desain

Apakah ada Diskon?

 

Ada , untuk beberapa jumlah pesanan /quantity

Berapa lamanya produksi?

 

Untuk di kota Semarang, saat ini kami mendapat penilaian tercepat dari sisi waktu produksi /lead time. Untuk total lama lead time tergantung quantity. Berdasarkan pengalaman dari 1 s.d 60 hari.

Tempat produksi di mana?

 

Berada di kota Semarang, seluas 620 mtr2, gedung tertutup dengan jumlah pekerja produksi +/- 16 orang.

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s